Berita: Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui ​Kegiatan Berkebun

Pada tanggal 24 Maret 2024, Kepala Sekolah Indonesia Jeddah, Bapak Sutikno, S.Pd., M.Pd. melakukan ​kunjungan ke kebun sekolah yang sebelumnya merupakan hasil projek siswa kelas empat dengan fokus ​pengembangan Sistem Irigasi Tetes Sederhana (SITES). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memastikan ​keberlanjutan projek dan pengembangan selanjutnya. Dalam kunjungan tersebut Kepala Sekolah Indonesia ​Jeddah berharap kebun sekolah ini dapat menjadi sumber belajar yang dapat mengenalkan tumbuhan ​kepada peserta didik dan membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan berkebun.


Dengan memanfaatkan kebun sekolah sebagai sumber belajar dan wadah pembentukan karakter, peserta ​didik dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang alam dan pentingnya menjaga ​lingkungan. Mereka juga dapat membawa pengalaman dan pengetahuan yang mereka peroleh melalui ​kegiatan berkebun ini ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kebun sekolah menjadi tempat yang kaya ​akan pembelajaran dan memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik.

Kegiatan berkebun tentunya memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik ​diantaranya :

Bergotong Royong: Kegiatan berkebun melibatkan kerjasama dan kolaborasi antara peserta didik. ​Mereka belajar untuk bekerja sama dalam merawat kebun, membagi tugas, dan saling membantu. Ini ​mengembangkan sikap gotong royong, di mana peserta didik belajar untuk bekerja bersama-sama dengan ​suka rela untuk mencapai tujuan yang sama.

Mandiri: Berkebun mengajarkan peserta didik untuk menjadi mandiri dalam merawat tanaman. Mereka ​belajar untuk mengatur waktu, merencanakan perawatan tanaman, dan mengambil tanggung jawab atas ​tumbuh kembangnya tanaman. Ini membantu mengembangkan kemandirian dan rasa tanggung jawab ​pada peserta didik.

Bernalar Kritis: Melalui kegiatan berkebun, peserta didik diajak untuk berpikir kritis. Mereka dapat ​mengamati dan menganalisis pertumbuhan tanaman, mencari solusi ketika menghadapi masalah, dan ​membuat keputusan yang tepat dalam merawat kebun. Ini membantu mengembangkan kemampuan ​berpikir kritis pada peserta didik.


Kreatif: Berkebun juga dapat merangsang kreativitas peserta didik. Mereka dapat menciptakan ide-ide ​baru dalam merancang taman, membuat hiasan dari bahan-bahan alami, atau menciptakan inovasi dalam ​teknik bertani. Ini membantu mengembangkan kreativitas dan kemampuan berinovasi pada peserta didik.

Berakhlak Mulia: Kegiatan berkebun juga dapat membantu membentuk akhlak mulia pada peserta didik. ​Mereka belajar untuk menghargai alam, menjaga kebersihan kebun, dan bertanggung jawab atas ​perawatan tanaman. Ini membantu mengembangkan sikap yang baik dan bertanggung jawab pada ​peserta didik.


Melalui kegiatan berkebun, peserta didik dapat mengembangkan karakter yang sesuai dengan Profil ​Pelajar Pancasila. Mereka belajar untuk bergotong royong, mandiri, berpikir kritis, kreatif, dan berakhlak ​mulia.

Sebelumnya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pernah melakukan kunjungan ke ​kebun sekolah tepatnya pada tanggal 4 Februari 2024 sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran ​kontekstual. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik ​dalam mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas dalam konteks kehidupan nyata. ​Mereka membimbing siswa dalam mengenalkan bagian-bagian tumbuhan, bagaimana cara menanam ​yang baik, dan proses pembibitan.


Semoga dengan hadirnya kebun sekolah dapat memberikan kebermanfaatan kepada peserta didik ​sebagai sumber belajar yang efektif dalam mengenalkan alam sekitar dan membentuk wawasan yang luas ​, serta membentuk karakter profil pelajar Pancasila melalui kegiatan berkebun.

Garden pattern
Garden pattern
Ripped Paper Line Texture