KOMITE SEKOLAH INDONESIA JEDDAH ​ARAB SAUDI

PENGUMUMAN

No. 497/SIJ.UM/TU/2024

PENERIMAAN GURU BANTU SEMENTARA DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI JEDDAH

TAHUN PELAJARAN 2024/2025

A.

INFORMASI UMUM

Dalam rangka memenuhi kebutuhan Guru & Tenaga Kependidikan (Tata Usaha) pada Sekolah ​Indonesia Luar Negeri (SILN) Jeddah Arab Saudi, Komite Sekolah Indonesia Jeddah membuka ​kesempatan bagi Masyarakat Indonesia yang berada di Arab Saudi untuk menjadi Guru atau ​Tenaga Kependidikan Bantu Sementara berstatus bukan PNS pada Sekolah Indonesia Jeddah ​(SIJ)

No

Kebutuhan

1

2

Guru Kelas

Tenaga Kependidikan (Administrasi/TU)

TOTAL

Kode

GK

TU

Jumlah

Formasi

2

1

3

A.

PERSYARATAN

1. PERSYARATAN UMUM

a. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Jeddah dan sekitarnya

b. Usia maksimal saat mendaftar 40 tahun

c. Sehat jasmani, rohani, dan bebas NARKOBA

d. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan

pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap

e. Menetap di Arab Saudi / memiliki izin tinggal yang masih berlaku (ber-iqamah)

f.

Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai serta tidak sedang

menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah/perusahaan.

2. PERSYARATAN KHUSUS

a. Guru

1) Berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil

2) Berijazah minimal S-1 yang linier, diutamakan dari keguruan/pendidikan.

3) Memiliki Dokumen Kependudukan Indonesia (Akta Kelahiran/terjemahan dari KBRI/KJRI

bagi WNI yang lahir di luar Indonesia, KTP/paspor dan KK)

b. Tenaga Kependidikan

1) Berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil

2) Berijazah minimal SMA/Sederajat

3) Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)

4) Memiliki Dokumen Kependudukan Indonesia (Akta Kelahiran/terjemahan dari KBRI/KJRI

bagi WNI yang lahir di luar Indonesia, KTP/paspor dan KK)

SEKOLAH INDONESIA JEDDAH5415 AL Zillaq St, Rehab Dist 7187, Jeddah, KSA

C.

D.

E.

KOMITE SEKOLAH INDONESIA JEDDAH ​ARAB SAUDI

RENCANA PENJADWALAN *)

1. Pengumuman Resmi Seleksi

2. Waktu Pendaftaran

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

4. Pelaksanaan Seleksi dan Wawancara

5. Pengumuman Hasil Seleksi

: 23 Juni 2024

: 23 Juni – 4 Juli 2024

: 7 Juli 2024

: 8 Juli 2024

: 9 Juli 2024

TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran daring mulai tanggal 23 Juni – 4 Juli 2024 pukul 09.00 WSA, dengan mekanisme sebagai

berikut :

1. peserta seleksi wajib memiliki alamat surat elektronik yang aktif

2. peserta seleksi mengisi Formulir Online pada link

3. Menyiapkan dokumen/berkas yang dipersyaratkan sebagai berikut:

a. Pas foto ukuran 3×4 dengan besar file maksimal 1 MB

b. Surat lamaran yang ditujukan kepada Sekolah Indonesia Jeddah (unduh format di website)

c. Paspor/KTP yang masih berlaku

d. Iqama Arab Saudi yang masih berlaku

e. Kartu Keluarga (jika memiliki)

f. Akta Kelahiran / terjemahan dari KBRI/KJRI bagi WNI yang lahir di luar Indonesia

g. Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir (Terjemahaan Berbahasa Indonesia bagi lulusan

perguruan tinggi non Indonesia)

h. Daftar Riwayat Hidup (unduh format di website)

i. Menandatangi surat pernyataan bermaterai Rp.10000,- bahwa semua dokumen yang

disampaikan adalah benar dan dapat dibuktikan keasliannya (unduh format di website)

4. Bagi pelamar guru dan tenaga kependidikan, setiap berkas asli di atas dipindai dalam bentuk file

pdf maksimal 1 MB dan diunggah pada formulir online.

PROSES SELEKSI

1. Daftar nama pelamar dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada portal resmi Sekolah

Indonesia Jeddah

2. Pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat mengikuti proses Seleksi Kompetensi yang terdiri

dari :

a) Pelamar Guru :

Microteaching dan Wawancara

b) Pelamar Tenaga Kependidikan:

Tes Kompetensi Bidang (administrasi perkantoran) dan Wawancara

3. Daftar nama peserta Seleksi Kompetensi yang dinyatakan lulus akan diumumkan melalui portal resmi

: sijeddah.sch.id

Teknis seleksi ditentukan kemudian, diumumkan bersamaan dengan hasil seleksi administrasi.

SEKOLAH INDONESIA JEDDAH5415 AL Zillaq St, Rehab Dist 7187, Jeddah, KSA

KOMITE SEKOLAH INDONESIA JEDDAH ​ARAB SAUDI

F.

PENENTUAN KELULUSAN

1. ​2.

3.

Pengumuman akan dilakukan oleh Sekolah Indonesia Jeddah ​Jadwal pengumuman final direncanakan pada 9 Juli 2024

Penetapan/keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

G.

KETENTUAN LAIN ​a. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan. ​b. Apabila dikemudian hari pelamar terbukti memberikan data yang tidak sesuai dengan fakta atau ​melakukan manipulasi data baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah ditetapkan menjadi ​Guru dan Tenaga Kependidikan Bantu Sementara Sekolah Indonesia Jeddah Arab Saudi maka ​kelulusan yang bersangkutan dinyatakan batal dan/atau yang bersangkutan diberhentikan sebagai ​Guru dan Tenaga Kependidikan Bantu Sementara.

c. Sekolah Indonesia Jeddah, tidak menyediakan biaya iqamah, tempat tinggal maupun biaya

asuransi bagi pelamar yang lolos dan ditetapkan sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Bantu

Sementara selama yang bersangkutan bertugas.

d. Panitia Seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar

diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada portal resmi Sekolah

Indonesia Jeddah

e. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan pada

laman resmi Sekolah Indonesia Jeddah menjadi tanggung jawab pelamar.

*) Rencana Penjadwalan bisa berubah sesuai dengan penetapan jadwal Panitia Seleksi Bersama

Contact Person:

1.

2.

Nelly Setiawati, M. Pfis

Afif Wahyudi, M. Ag

: HP. +966 502509281 ​: HP. +966 560957578

Jeddah, 23 Juni 202 4

Hormat kami,

Panitia Seleksi

SEKOLAH INDONESIA JEDDAH5415 AL Zillaq St, Rehab Dist 7187, Jeddah, KSA